Serah Terima Program CSR RTLH PT. TPPI kepada Kepala Desa Tasikharjo

Masuknya industri menjadi harapan meningkatnya perekonomian suatu daerah. Adanya industri diharapkan  mampu menopang kemajuan ekonomi dan kesejahteraan warga. Hal ini dapat terwujud dengan berbagai macam bentuk kerjasama. Kerjasama itu diantaranya ialah program CSR (Corporate Social Responsibility) antara perusahaan dengan Desa.

Dengan adanya CSR ini setidaknya dapat memberikan dampak positif bagi desa pada umumnya dan warga desa khususnya. Beberapa bentuk CSR yang diberikan kepada warga/masyarakat  Desa Tasikharjo yakni renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Santunan kepada warga yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan pembuatan WC (Water Closet). Program CSR ini bekerjasama dengan PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Program CSR Renovasi RTLH dan Santunan warga miskin telah ada sejak tahun 2016. Sedangkan Pembuatan WC akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2018 ini.

Berdasarkan IOM-CSR-455 tanggal 10 Juli 2018 tentang Persetujuan Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni, tahun 2018 ini Desa Tasikharjo mendapat bantuan renovasi 3 rumah. Bantuan tersebut diberikan kepada warga desa yang bernama :

  1. Abd Salam : Dusun Plaosan Rt 02 Rw 03
  2. Sidem : Dusun Plaosan Rt 01 Rw 03
  3. Ngasri : Dusun Plaosan Rt 03 Rw 03

Pengerjaan renovasi 3 rumah tersebut berlangsung sekitar 2 bulan. Dan hari Selasa tanggal 23 Oktober 2018 telah dilakukan proses serah terima RTLH dari pihak PT TPPI kepada Kepala Desa Tasikharjo. Proses serah terima ini dilakukan secara simbolis di kediaman Ibu Sidem yang terletak di Dusun Plaosan Rt 01 Rw 03 Desa Tasikharjo. Pemilik rumah (ibu Sidem) mengaku sangat bersyukur karena menjadi salah satu penerima CSR RTLH, ia berterima kasih kepada PT. TPPI dan Pemerintah Desa Tasikharjo yang telah memberikan kesempatan menjadi salah satu penerima CSR RTLH. Ia bahagia karena rumah yang ia tempati menjadi bagus dari sebelumnya dan menjadi layak untuk ia tempati bersama dengan anak-anaknya.

Setelah acara serah terima ini dilakukan, pihak PT. TPPI dan Pemerintah Desa Tasikharjo berharap agar para penerima CSR ini dapat hidup lebih baik dan merasa nyaman karena rumah mereka telah direnovasi sehingga layak huni.

Pemerintah Desa Tasikharjo berharap agar program CSR ini terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya. Karena program CSR ini membantu Pemerintah Desa dalam memberikan kenyamanan dan membantu pengentasan kemiskinan.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)