01 April 2020 19:12:02
Ditulis oleh Admin

BERSAMA MELAWAN CORONA: WARGA DESA TASIKHARJO GELAR PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DAN BENTUK GUGUS TUGAS

Virus Corona atau yang biasa disebut dengan Corona Virus Disease 19 (COVID-19) sudah menjadi pandemi dan mengancam di setiap penjuru Dunia, termasuk di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten TUBAN, Desa TASIKHARJO.

Guna mendeteksi dini serta mencegah penularan virus tersebut, di Desa Tasikharjo, Tri Pilar Desa, Kepala Desa (Damuri), BHABINKAMTIPMAS (Samdo Ari), BABINSA (Sunardi), melakukan berbagai cara untuk memutus rantai penularan COVID-19 tersebut.

Salah satu yang dilakukan Tri Pilar Desa bersama tim medis adalah bekerjasama dengan Karang Taruna Jayamuda dan warga Desa Tasikharjo guna membentuk Satuan Gugus Tugas COVID-19, kemudian melakukan penyemprotan desinfektan di tempat umum, sarana ibadah dan rumah-rumah penduduk setempat.
Selasa (31/03/2020)

Kepala Desa Tasikharjo (Damuri) mengungkapkan bahwa:

“Hasil rapat kemarin kami simpulkan bahwa untuk melakukan penyemprotan desinfektan ke semua rumah warga serentak di empat dusun, yaitu Dusun Boro, Dusun Awar-awar, Dusun Dermo dan Dusun Plaosan. Selanjutnya akan dilakukan juga di fasilitas- fasilitas umum yang ada di desa". Terangnya kepada redaktur Karang Taruna Tasikharjo.

BHABINKAMTIPMAS, Samdo Ari, menambahkan, selain akan melakukan penyemprotan desinfektan berkelanjutan di seluruh Desa, Satuan Gugus Tugas Desa Tasikharjo dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 selalu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa, guna memantau warganya yang pulang dari luar daerah Tuban dan kembali di desa setempat. Di tambah lagi, Desa Tasikharjo adalah pintu gerbang keluar masuknya pekerja industri dan banyak yang menyewa rumah di sekitar lingkup warga Desa Tasikharjo.

Hal tersebut dibarengi dengan dikeluarkannya PERDES oleh Kepala Desa Tasikharjo. Dengan tegas melarang warga luar yang bermalam atau mengontrak supaya tidak kembali ke Desa Tasikharjo apabila telah melakukan perjalanan pulang dari daerah zona merah COVID-19.

“Jadi setiap saat kami selalu melakukan koordinasi dengan semua RT untuk selalu memantau warganya yang pulang dari luar Tuban. Guna menekan penyebaran COVID-19", Papar orang nomor satu di Desa Tasikharjo tersebut.

Hal yang tidak jauh berbeda disampaikan oleh Bambang Irawan, salah satu warga di Desa Tasikharjo yang menjelaskan bahwa dirinya bersama warga setempat serius dalam mencegah penularan COVID-19,
“Penyemprotan desinfektan ini kami akan jadwalkan sebanyak 1 minggu sekali selama darurat COVID-19 dan membantu kinerja Satuan Gugus Tugas Desa Tasikharjo".

"Tapi Alhamdulillah sampai saat ini yang saya ketahui untuk keseluruhan Tasikharjo belum ada PDP. Untuk itu, saya mewakili tim medis Tasikharjo berharap agar ODP yang ada tidak meningkat statusnya menjadi PDP. Dan mata rantai virus Corona kita bisa putuskan secara bersama-sama”, harap Bidan Desa (Okti S).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus